Monday, February 6, 2017

Pangkalan Data Sekolah dan Siswa - PDSS 2017


Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswanya. Jadi semua nilai raport sesuai kurikulum, akan diinput di PDSS yang nantinya akan menjadi acuan pertimbangan kelulusan SNMPTN 2017. 

Urutan pengisian PDSS dalam pendaftaran SNMPTN di tahun 2017:
  • Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman pdss.snmptn.ac.id.
  • Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi.
  • Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
  • Bagi siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir
Hal penting yang harus diperhatikan:

Pertama, Pengisian PDSS sudah dijadwalkan pada 14 Januari hingga 10 Februari 2017. Selanjutnya, verifikasi input PDSS dilakukan pada 15 Januari – 12 Februari 2017 Pendaftaran SNMPTN dimulai pada 21 Februari hingga 6 Maret 2017. Sedangkan cetak kartu dilakukan pada tanggal 14 Maret – 14 April 2017, dan proses seleksi akan dilakukan pada 15 Maret hingga 15 April 2017. Sedangkan pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan pada 26 April 2017.

Kedua, dikutip dari situs resmi Universita Padjajaran, Unpad.ac.id, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Dr. Arry Bainus, MA menjelaskan pengisian PDSS harus dilakukan secara jujur dan sangat hati-hati.

“Mengisi data itu se-real mungkin. Jangan sampai ada manipulasi , dari sisi nilai dan sebagainya,” ujar Dr. Arry. 

Ketiga, siswa yang akan mengikuti SNMPTN harus mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Secara rinci, informasi tentang tata cara pengisian PDSS dimuat dalam Panduan Pengisian PDSS yang dapat diakses di laman pdss.snmptn.ac.id. Pengisian PDSS bisa dibilang merupakan fase krusial mengingat data yang diunggah harus benar-benar akurat. Sebab, data yang tidak akurat akan memengaruhi lulus tidaknya SNMPTN.

Keempat, sebelum mengisi data PDSS calon mahasiswa diharuskan untuk meminta password kepada sekolah yang berguna untuk melakukan verifikasi data PDSS sebelum difinalisasi. Harus dipastikan bahwa data dari nilai rapor yang diisi ke PDSS sudah 100 persen sama. Setelah data benar-benar sama, baru klik tombol verifikasi untuk mengunggah data. Ingat, data yang sudah diverifikasi artinya sudah final, jadi tidak bisa diubah lagi.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search