Blog » SNMPTN 2012 » SNMPTN 2012 | Jalur Undangan – Tertulis

SNMPTN 2012 | Jalur Undangan – Tertulis

115 Comments  //              

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indoensia dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan secara serentak. Seleksi ini berskala nasional dan berjalan sesuai kesepakatan Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di bawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. Untuk tahun ini (2012) SNMPTN dilaksanakan melalui 2 jalur, yaitu Jalur Undangan dan Jalur Ujian Tertulis, secara singkat, perbedaan mengenai 2 jalur ini ialah:

  • Jalur Undangan : Merupakan seleksi berkas (rapor) dari hasil pembelajaran selama di SMA. Dalam seleksi ini turut diperhatikan prestasi siswa selama mengenyam pendidikan menengah atas, oleh karena itu, metode ini dirasa lebih adil karena mengutamakan siswa yang punya predikat baik secara akademis ketika ada di sekolah asalnya. Adapun ketentuan lebih lanjut mengenai jalur undangan, bisa dilihat di halaman ini.
  • Jalur Ujian Tulis : Jalur ini merupakan seleksi berbasis hasil ujian snmtpn secara tertulis, dalam jalur ini, berkas soal-soal terbagi menjadi empat, yaitu; TPA (Tes Potensi Akademik), Kemampuan Dasar, IPA dan IPS. Dalam seleksi ini, semua jenis soal harus dikerjakan secara baik, karena SNMPTN Tertulis lebih mengedepankan siswa yang ahli dalam berbagai mata pelajaran dari pada yang hanya menguasai satu mata pelajaran tertentu. Lebih lengkapnya, bisa dilihat di halaman ini.

Kira-kira, itulah beberapa hal terkait SNMPTN yang secara resmi dapat diakses di halaman snmptn.ac.id. Lebih jelas mengenai kedua jalur di atas, bisa mengunduh e-book keluaran resmi panitia SNMPTN:  InformasiSNMPTN2012.pdf. Untuk masalah sistematika pendaftaran snmptn baik jalur undangan maupun jalur tulis, dapat dilihat dihalaman berikut : Pendaftaran SNMPTN. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai SNMPTN, silakan ditanyakan melalui kontak resmi panitia SNMPTN lewat media berikut:

115 Comments

  • admin…saya khan ikut jalur undangan tapi saya undah beli pinkemaren untuk snmptn tertulis dan saya tidak menggunakan KAP dari undangan tetapi tanggal lahir untuk mendaftar jalur snmptn tertulis….
    apa berpengaruh nantiknya seandainya saya tidak lulus snmptn undangan dan ikut snmptn tertulis ?

  • admin…saya khan ikut jalur undangan tapi saya undah beli pin kemaren untuk snmptn tertulis dan saya tidak menggunakan KAP dari undangan tetapi tanggal lahir untuk mendaftar jalur snmptn tertulis….
    apa berpengaruh nantiknya seandainya saya tidak lulus snmptn undangan dan ikut snmptn tertulis ?

  • Mau tanya,. Kalo aku udh daftr snmptn jalur tlis, tp aku slah plih jurusan. Bsa ndak ya aku bli pin n kap baru trus daftar lg gtu.??

  • mas admin,,,,,.
    kalo yg ga lolos seleksi jalur undangan, lalu ingin ikut jalur tertulis, apa harus membayar kembali?????????????????

    lz gpl.. pnting bgt wktu udh meped

  • mau tnya,,klo aq kan udah dftr jlur undngan tpi gak lolos,,apa aku bisa dftar tertulis???
    klo dftar snmptn tertulis apa hrus byar lagi???
    ..
    .
    bls gpl..
    sblum.a maksih.

  • kalo u\ikut bidikmisi dan nggak ketrima, bisa pake KAP dan PIN buat daftar ujian tulisnya ga?

    • admin tidak tahu hal sedetil ini, untuk berjaga2 daftar dari awal saja…

  • admin . . . .
    saya ingin menambahkan 2 tempat kuliah di kartu peserta saya karena saya hanya memilih 1, saya menyesal.
    saya tahu sudah tak bisa lagi tapi saya sangat menginginkannya.
    tolong izinkanlah !!

    • lebih baik daftar lagi. kalau kartu sudah dicetak, setahu admin tidak bisa diubah kembali

  • admin, sya ktrima di unsri yg undangan, tp knapa di tahap verifikasi data itu ada 80 orang yg dinyatkn gagal verifikasi pdhl smua data yg diminta univ. sndiri sudah terpenuhi ? bukannya klo sdah di terima di undangan itu benar” di terima tanpa ada seleksi kmbli ? mhn jwbnnya..

  • AssalamuAlaikum Wr. Wb
    Mohon maaf, sy mau bertanya, bagaimana cara mendaftarkan sekolah sy dalam snmptn jalur undangan karena setahu sy, sekolah sy belum di undang dalam mengikuti snmptn jalur undangan universitas airlangga.

    Terima Kasih

    • masalah sistem pengundangan, biasanya itu tergantung keaktifan kepala sekolah dalam mengajukan sekolahnya ke panitia lokal snmptn setempat

  • Permisi, ma’af saya mau tanya mengenai seleksi jalur undanga. Apakah nilai raport yang diprhitungkan atau diseleksi adalah nilai tertulisnya saja atau nilai peraktiknya juga??
    karena nilai tertulis saya di raport berkisar 80an dan naik secara konsisten dari semester 3 ke 4, untuk akreditas sekolah RSBI. Mohon penjelasannya!!

  • admin…sy mo tanya gmna cara mendaftarkan sekolah sy, supaya terdaftar di jalur undangan…
    sy tunggu jawaban’y…

    • minta ke kepala sekolah agar proaktif dalam mendaftarkan sekolahnya ke panitia snmptn di wilayahnya masing2

  • adadadadadadadadadadadada

  • apa tidak ada jawaban yah

  • apakah S1 kebidanan unair bisa melalui snmptn undangan?

  • min, sekolah saya belum terdaftar dalam NPSN. bagaimana min? tolong bantuan min :”(

Leave a comment

name*

e-mail*

web

*TIDAK ADA balasan lewat e-mail

--=o0(( Admin Board ))0o=--



--=-=o0(( FYI ))0o=-=--

Web ini diakses kali