Blog » SNMPTN 2013 » SNMPTN 2013

SNMPTN 2013

44 Comments  //              

SNMPTN 2013SNMPTN 2013 merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru 2013 dengan kuota terbesar, yakni sekitar 50-60% dari seluruh kursi mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia. Selain itu, kemudahan akses pendaftaran SNMPTN 2013 juga menjadi daya tarik besar yang membuat hampir seluruh siswa lulusan 2013 akan mengambil jalur ini sebagai pintu pertama menuju perguruan tinggi negeri. Tidak heran apabila SNMPTN 2013 akan menjadi ajang seleksi yang sangat ketat dan butuh persiapan maksimal bagi para peserta SNMPTN terutama dengan meminimalisir kesalahan-kesalahan yang dapat terjadi selama proses seleksi berlangsung. Pada artikel ini, admin akan sedikit meringkas ketentuan terkait SNMPTN 2013 yang diambil dari halaman resmi snmptn(snmptn.ac.id).

1. Jadwal SNMPTN 2013 :

Pengisian PDSS  17 Desember 2012 – 8 Februari 2013
Pendaftaran  1 Februari – 8 Maret 2013
Proses Seleksi 9 Maret – 27 Mei 2013 pukul 18.00 WIB
Pengumuman Hasil Seleksi 28 Mei 2013 pukul 18.00 WIB
Pendaftaran Ulang 11 – 12 Juni 2012

2. Ketentuan Umum dan Persyaratan:

Secara umum, SNMPTN 2013 memiliki ketentuan yang tidak jauh berbeda dengan SNMPTN Undangan 2012 sebelumnya, hanya saja SNMPTN 2013 memungkinkan semua lulusan 2013 untuk mengikuti SNMPTN 2013 tanpa melihat peringkatnya. Biaya peserta SNMPTN tahun ini juga ditanggung pemerintah alias peserta tidak dipungut biaya dalam mengikuti SNMPTN 2013 ini.

Syarat khusus: – PDSS (data rekam jejak siswa)

- NPSN

- Lulus UN 2013

- Memenuhi syarat untuk program studi tertentu(mis. tidak boleh but awarna)

3. Tata Cara Mengikuti SNMPTN 2013:

Secara umum, mekanisme untuk mengikuti SNMPTN 2013 dibagi menjadi dua tahap, yaitu:

  • PDSS – Rekam jejak prestasi akademik siswa yang menjadi acuan seleksi, tugas siswa adalah memverivikasi nilai yang sudah dimasukkan oleh kepala sekolah.
  • Pendaftaran SNMPTNPendaftaran SNMPTN secara online untuk memilih program studi yang diinginkan, siswa juga wajib mencetak kartu pendaftaran SNMPTN sebagai bukti keikutsertaannya dalam SNMPTN yang akan diperlukan saat pendaftaran ulang jika diterima.

4. Mekanisme Seleksi:
Seleksi dilakukan secara bertahap di PTN masing-masing sesuai urutan pilihan program studi. Nilai yang diambil dalam tahap seleksi aapakah nilai asli ataukah nilai remedial(jika ada) dikembalikan ke masing-masing PTN yang menyeleksi.

5. Pemilihan program studi:

Pemilihan program studi dalam SNMPTN 2013 memungkinkan siswa memilih 2 program studi untuk setiap PTN. Total PTN yang diambil setiap peserta SNMPTN maksimal 2. Jika hanya mengambil satu PTN, dibebaskan memilih di PTN di wilayah manapun, sedangkan jika memilih 2 PTN, salah satu PTN haruslah terdapat di wilayah asal SMA-nya. Mengenai tips-tips memilih jurusan di universitas nanti, bisa dibaca di tulisan berikut: Tips memilih jurusan dalam SNMPTN

 

44 Comments

  • Selamat sore,
    Sy mau brtnya, katanya dalam pemilihan program siswa dapat memilih maks. 2 prodi untuk 1 universitas, artinya boleh memilih maksimal total 4 program studi. Jadi, apakah boleh kita memilih dalam 4 program studi itu ada 3 universitas? mohon penjelasannya. Trims..

    • tidak, maksimal 2 prodi untuk tiap satu ptn. maksimal memilih 2 ptn di snmptn.

      • dan apabila kita mengambil 2 ptn, apakah memang harus yang 1 nya mngambil ptn di daerah asal? jika ke 2 nya kita mengambil di luar daerah, boleh gak?

        • tidak, harus ada ptn yang satu wilayah dg sma anda

  • apakah siswa dari jurusan ipa ketika di SMA boleh pilih di universitasnya program studi ips untuk snmptn undangan 2013 ini? guru saya bilang boleh tetapi jika dilihat di internet banyak yang mengatakan tidak boleh?
    tolong minta penjelasannya.

    • lihat ketentuan di ptn yang anda inginkan, ada ketentuan lintas jurusan atau tidak, jika tidak, maka kemungkinan besar bisa lintas jurusan dr ipa ke ips dan tidak berlaku kebalikannya.

  • saya siswa SMA jurusan IPA . Bolehkah saya mengambil jurusan bahasa inggris?

  • selamat sore.
    saya maw brtanya apakah betul SMPTN 2013 ini tdk di pungut biaya apapun???
    smentara saya orng kurang mampu.
    dan bagai mana jika lulus seleksi biaya2 apa saja yg hrs di bayar…

    • iya, tanpa biaya.

      sialakn ajukan beasiswa bidik misi bidikmisi.dikti.go.id untuk beasiswa (biaya semester + uang saku) di perguruan tinggi negeri.

  • mau nanya nih, SNMPTN tertulis gadak lagi yah ?, dan berapa kursi yg disediakan untuk tahun 2013 ini ?,

  • Min , saya llulusan tahun 2012 .. Apakah saya bisa mengikuti SNMPTN 2013 ??

  • salam.
    mohon penjelasannya mengenai keputusan yg sudah fix, -snmptn dihapus. untuk lulusan ’11 atau ’12 bisanya ikut smbptn.
    nah, mengenai smbptn ini bagaimana. dari mulai prosedur hingga soal ujiannya, apakah tidak jauh dgn snmptn.
    makasih.
    mengenai soal ujian sangat mohon jawabannya. untuk saya, lulusan 2011 yg harus segera cari pegangan.

    • iya, sistemnya hampir sama dengan snmptn, hanya namanya saja yang diubah karena tidak dikoordinir langsung oleh pemerintah.

      soal2nya dapat dilihat di link soal snmptn ini.

  • klo lulusan 2012 yang tidak lulus tahun kemaren masih bisa nyoba gak? trus gimana caranya yah??

    • bisa, lewat smbptn 2013. lihat oada menu diatas

  • Untuk siswa pindahan/mutasi, walaupun nilai sudah lengkap di input melalui menu “Isi Nilai Rapor Tambahan” tetapi di menu “Daftar Nilai” Check box peripikasi tidak muncul, begitu juga di menu “Daptar SIswa” maka akan ada keterangan “Nilai Belum Lengkap”. Mohon pencerahannya. Terimakasih.

    • admin tidak tahu maslah sedetail ini, silakan hubungi help desk snmptn untuk lebih pastinya.

  • aku bingung sama peraturan SNMPTN skrg . maksudnya gimana?. saya lulusan 2012 pengen ikut SNMPTN thn 2013 gimana caranya ? tolong dijawab makasih

    • lewat SBMPTN 2013. baca tulisannya pada menu di atas.

  • Salam. saya dari siswa SMK teknologi. Apakah saya bisa mendaftar ke jurusan Kedokteran?
    Makasih. Mohon penjelasannya :)

    • sangat sulit, namun masih ada kesempatan walaupun kecil.

  • SBMPTN itu kapan pelaksanaannya dan bagaimana cara mendaftarnya,,, soalnya saya lulusan tahun 2011. mohon bls..??

    • harap bersabar, belum ada publikasi terkait ketentuan2nya.

  • selamat sore….
    mau nanya ni, kira kira buat lulus PTN itu nilai rapor harus rata-rata berapa….
    terimakasih… :)

    • tidak bisa dipukul rata seperti itu, ada yang sulit d=namun ada juga yang kriterianya cukup mudah

  • apakah anak IPA bisa memilih jurusan IPS ???

  • berapa nilai rata – rata yang harus dicapai untuk mengikuti test snmptn

    • tidak ada kriteria minimum utk ikut snmptn 2013 ini

  • Admin saya mohon penjelasan tentang informasi “Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTN” apakah artinya 1 PTN bisa memilih 2 prodi ato 2 PTN memilih 4 prodi trim

  • admin ,Kalau saya sudah daftar tapi brubah pkiran dengan program studi yang diambil, apakah masih bisa diganti atau diperbaiki?

    • apabila sudah mencetak kartu SNMPTN, maka pilihan tidak dapat diganti lagi

  • untuk SNMPTN, apakah bisa memilih 4 prodi dlm 1 PTN?

    • tidak dik. 2 prodi per PTN

  • apakah ada perbedaan biaya kuliah antara siswa yang lulus seleksi SNMPTN dan siswa yang daftar mandiri ?

    • ya ada, itu bergantung pada kebijakan tiap universitas, silahkan cek website masing-masing universitas untuk mengetahui lebih jelas

  • mau tanya, saya udah finalisasi tapi belum direkomendasi sama sekolah, apa masih bisa dirubah pilihan jurusannya?
    terus kalo pilihan jurusannya pilihan pertama jurusan IPA dan pilihan kedua IPS dalam satu PTN apa boleh?

    • tekan terus sekolahnya buat rekomendasikan..
      trus kalo 1 PTN beda jurusan boleh

  • selamat siang, saya ingin bertanya univ mana saja yang kira kira membolehkan lintas jurusan? terimakasih

    • semua univ mengizinkan itu lintas jurusan

Leave a comment

name*

e-mail*

web

*TIDAK ADA balasan lewat e-mail

--=o0(( Admin Board ))0o=--



--=-=o0(( FYI ))0o=-=--

Web ini diakses kali