Blog » Simak UI » Simak UI 2012

Simak UI 2012

167 Comments  //              

Simak-UI (Seleksi Masuk UI) adalah ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan secara resmi oleh pihak Universitas Indonesia. Dalam situs resminya(simak.ui.ac.id), jalur simak ui ini bukanlah jalur mandiri seperti banyak dikhawatirkan orang tua siswa/siswi calon mahasiswa ui. Artinya, calon mahasiswa yang diterima lewat jalur ini juga dapat mengajukan BOP berkeadilan untuk program S1 Reguler di mana setiap mahasiswa baru memiliki kesempatan untuk mengajukan keringanan sesuai dengan penghasilan dari orang tua mahasiswa. Walaupun pada prakteknya, ada beberapa pihak yang masih mempertanyakan solusi ‘berkeadilan’ yang menjadi motif utama kebijakan baru ini, setidaknya pada situs resmi universitas indonesia mengenai BOP-B, tertulis biaya minimal persemester hingga Rp100.000,00 dan uang pangkal minimal Rp0,00 tergantung pada kemampuan dan penghasilan orangtua. Jadi, untuk calon mahasiswa yang lolos lewat jalur simak S1 reguler, memiliki hak dan kewajiban yang sama (dalam hal Biaya Operasional Pendidikan) dengan calon mahasiswa lain yang diterima lewat jalur PPKB/PMDK dan SNMPTN.

Ujian Simak ui sendiri dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia (Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Samarinda) untuk seluruh program pendidikan yang ada di UI, mulai Program Vokasi(D3), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Profesi, Magister dan Doktor.

Untuk soal dan kunci jawaban simak ui tahun lalu dapat diunduh di halaman berikut:
Soal dan Kunci Jawaban SIMAK UI

167 Comments

  • asslmualyklum..sy mw nax.sekarg sy mhsiswa D3 Informasi dan perpustakaan.insya alloh niatx mau lanjut S1 di UI..yg sy txkan cara untuk mendaftr program S1 UI gimna ya??ktx dr surat keterangan dr phak kampus lamaku trus dkirim ke UI ya??ataw gmn??trus prsyaratannya apa aja?dan peluang diterima di UI brpa %??dijawab ya,,tlong…..
    plisssss
    mksih sebelumnya..

    • dari D3 itu namanya program ekstensi, lewat jalur simak ui. SNMPTN hanya jalur untuk program S1 Reguler.

  • mau tanya,tahun ini masih ada D3 Vokasi Pariwisata UI gak yah?
    Trus kalo mau masuk D3 Vokasi lewat jalur SNMPTN juga?

    • maslah ada atau tidak admin kurang tahu. silakan cek di penerimaan.ui.ac.id

      snmptn hanya untuk program sarjana

  • Bagaimana Jika kita yang sudah test SNMPTN dan ternyata Lulus, bisakah mengikuti SIMAK UI lagi? Adakah konsekuensinya ?

    • bisa, jika dari snmptn sudah lulus di ui, setahu admin tidak akan diterima lagi yg lewat jalur simaknya…

      kalau diterima di ptn lain, masih ada kesempatan diterima. asal jangn dari jalur undangan, nanti sekolah asal anda yang kena penalti

  • simak ui 2012 kpn ya min? klo jurusan psikolog bs gk dr jrusan ipa?

    • bisa, ujain tulis nya sekitar bulan juli

      • min .. tar tes simak uinya tes langsung ? atau online ?
        lokasinya dimana saja ?
        pembayaran pendaftaran simak berapa ? thanks min :)

  • Mau nanya klo misalna sudah ditrima lewat jalur undangan di universitas lain masih bisa ga daftar di simak ui, apa konsekuensinya?

  • apakah masuk di ui itu sulit, soalx saya pngen banget masuk ui

    • cukup sulit, namun tergantung jurusan yang anda pilih juga

  • mau tanya nih misalkan kita sudah daftar snmptn tulis ui jurusan sastra dan tidak di trima apakah bisa ikut simak ui dengan jurusan ekonomi?

  • mau tanya, kalo manajemen termasuk jurusan favorite gak?

  • bisa tdk, dr smk kesehatan mau ikut simak ui jurusan ilmu keperawatan?makasi :)

  • saya mau tanya, simak ui untuk cabang di surabaya ada gag?? kira” alamt na di mana??

  • gmna cranya masukiu D3

  • Simak UI bisa pilih brapa jurusan ????

  • Saya tamatan D3 Teknik Komputer,,dan saya berencana untuk Tahun ajaran ini ingin meneruskan S1 Teknik Komputer. Yang menjadi pertanyaan saya apa ada S1 untuk jurusan Teknik Komputer di UI dan bagaimana persyaratan suapaya bisa di UI..??????

  • Mau nanya nih,biaya pendataran simak ui harganya brapaan sih? Trs ada program ipc ga? Di bandung ujian simak ui nya bisa kan? Ga harus di jkt? Tks.

  • lokasi tes simak di ui itu,di fakultas apa

  • mau tanya kalo udah ikut simak ui 2 kali masih boleh gak ikut yg ketiga kalinya?

  • ass ,apakah ujian.y harus di kampus ui ??,sdngkn sy tinggal di jember dan tdk bisa k ui

  • Assalamu’alaikum ..
    Untuk ujian wilayah Medan, tepatnya dimana??
    Terimakasih ^^

  • jam berapa terakhir pembayarannya. .??

  • ass,mau tanya jurusan apa yang paling gampang diterima di ui?

  • pembahasannya ga bisa di download

  • ada kunci jwaban buat simak 2012 ga??
    mau nge-cek jwban…

  • sya sekarang jurusan ipa min,klo mw daftar di UI jurusan manajement keuangan bsa g ya?oy katanya 2013 dh g ada SNMPTN lg ya?trus sistem ujian tulisnya gmn buat besok?mksh

  • Mf,sy mau tnya,sy kn punya ijazah paket c,dn sy mau ikut Simak UI,sy ingin ambil kls paralel.. Kira” mudah g y soal’y…. Apa kmungkinan bsr,bs dtrima…?

    • untuk ujian tulis tidak dibedakan jenis paket ujiannya. yang jelas, kalau nilai hasil test nya bagus, maka akan lolos

  • Yang lulusan 3 tahun lalu, bisa ga ikut simak UI ga???

  • permisi..
    saya mau tanya..
    snmptn tulis dan simak UI 2013/2014 kapan yah pembukaannya??
    makasih

  • saya mau nanya bagaimana cara pendaftaran kalau mau masuk jalur SIMAK dan kapan jalur ini terbuka untuk tahun 2013?
    mohon jawabannya.please

  • saya mau bertanya kapan pendaftaran SIMAK 2013 dan bagaimana caranya kita mendaftar SIMAK 2013?
    mohon jawabannya,please tolong bantu aku mau sekali masuk di UI

  • min simak ui untuk tahun 2013/2014 itu di adakannya kapan ya min?

  • min , kalo D3 perkantoran dan kesekretarisan itu susah nggak masuknya ? dan skrg ada yg lwt jalur undagan nggak ?

    • admin kurang tahu masalah keketatannya. jalur undangan itu untuk program S1 reguler, bukan program diploma

  • masih ada jurusan hukum ngk ??

  • Min, kalau lulusan 2012 ikut kelas pararel atau reguler min?
    trmksh.

    • ikut simak ui seperti biasa, nanti ada pilihan kelas paralel/international/regulernya

Leave a comment

name*

e-mail*

web

*TIDAK ADA balasan lewat e-mail

--=o0(( Admin Board ))0o=--



--=-=o0(( FYI ))0o=-=--

Web ini diakses kali