Blog » SBMPTN 2013 » SBMPTN 2013 – SNMPTN Tertulis 2013

SBMPTN 2013 – SNMPTN Tertulis 2013

135 Comments  //              

SNMPTN Tertulis pada tahun 2013 yang tidak diselenggarakan secara langsung oleh pemerintah Indonesia tentunya mengandung konsekuensi, salah satunya yaitu penggantian nama SNMPTN Tulis menjadi SBMPTN yang merupakan akronim dari Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi inipun biayanya ditanggung oleh masing-masing peserta tes, tidak seperti SNMPTN 2013 yang biayanya ditanggung oleh pemerintah.

Sampai saat ini, ketentuan terkait penyelenggaraan SBMPTN 2013 masih sangat minim mengingat teknis SBMPTN ini masih dalam perumusan. Penyelenggaraannya pun dipastikan setelah proses SNMPTN 2013 selesai. Kuota penerimaan mahasiswa baru dari jalur ini kemungkinan berkisar antara 20-40%, sedangkan peserta yang berhak mengikuti jalur ini adalah lulusan dari tahun 2011 hingga siswa yang akan mengikuti UN tahun 2013 ini.

Sebagai tambahan informasi, walaupun SBMPTN ini tidak diselenggarakan langsung oleh pemerintah pusat, namun PTN peserta sekaligus penyelenggara seleksi SBMPTN ini  mencapai 61 PTN yang berarti hampir semua perguruan tinggi negeri dapat menerima mahasiswa baru dari jalur ini. Untuk soal-soal latihan SBMPTN secara gratis dapat teman-teman dapatkan di halaman berikut:

Kumpulan Soal dan Pembahasan SNMPTN

135 Comments

  • mau tanya nih admin,
    bagi yang ikut snmptn dan lulus di pilihan ke 2, boleh ikut smbptn lgi ga?

    • boleh dengan catatan bahwa pilihan lulus tersebut ditangguhkan/tidak diambil, karena pendaftaran ulang SNMPTN dilakukan pada hari ujian SBMPTN sehingga memang harus memilih salah satu

  • aslamulaikum
    min numpang tanya
    apa ada bidikmisi untuk sbmptn ni??

    • jelas ada dik. bahkan setelah dinyatakan diterima di PTN pun adik masih bisa mendaftar bidikmisi.

  • Salam min..

    mau nanya nih,,berapa jumlah ptn/jurusan yg dapat kita di sbmptn ini??

    • pilihan dibatasi dengan 2 pilihan untuk ujian ipa/ips dan 3 pilihan untuk yang ipc

  • min , saya kan angkatan 2012 , pengen ikut snmptn , itu caranya gimana min ? apa perlu isi pdss ?

    • untuk SNMPTN dikhususkan kepada angkatan 2013 karena melalui sekolah masing-masing. Untuk alumni bisa ujian melalui SBMPTN maupun mandiri

  • assalamualaikum .
    min , katanya kalo kita keterima undangan terus ga kita ambil , bakalan ngurangin kesempatan buat angkatan di bawah kitanya ?
    kaya backlist gituu , emang iyaa min ?

    • wa’alaikumussalam wr wb
      iya dek, kalo bisa jangan di tolak soalnya memang benar2 kejadian yang kaya gitu. seharu8snya saat daftar snmptn undangan km milih sesuai keinginan jangan sampe milih iseng2

  • ass..
    kak gimana caranya ikut sbmptn?

  • min saya mau tanya proses dilangsungkanya sbmptn itu sesudah snmptn kan?.
    dan mekanismenya bagaimana..perbedaanya dengan snmptn itu bagaimana.terimakasih mohon diberi penjelasan ya :-)

    • saya tekankan sekali lagi, bahasa lama dri snmptn = undangan dan sbnmptn= snmptn tulis. itu bedanya

  • admin nanya dong untuk mulai pendaftarannya sudah dibuka kapaan yaa? dan tes berlangsungnya kapaan? untuk sistem pilihan ptnnya nanti berapa pilihan ya? dan anggaran pendaftarannya berapa ?
    Tq

    • buka aja sbmptn.web.id

  • assalamualaikum… mau numpang tanya
    pada saat milih jurusan di suatu PTN (mis: UI) boleh ga kita milih jurusan ipa dan ips ? misalnya pada saat pendaftaran di UI saya milih jurusan matematika dan akuntansi.

    • boleh banget . kenapa? karena memang kita dipersilahkan untuk memilih 3 jurusan dan salah satunya boleh berbeda dari jurusan kita pas SMA artinya: anak ipa: boleh milih 2 ipa & 1 ips. kalo anak IPS kabalikannya

  • mimin smbptn buka pendaftarannya kapan dan ujiannya juga kapan? bagaimana juga dengan sistem ujiannya min? thanks you..

    • buka aja sbmptn.web.id disitu lengkap kok penjelasannya :)

  • numpang tanya min,kalo smbptn berarti biaya ujianya bayar sendiri?itu kira-kira berapa yah/trims

    • assalamu’alaikum
      iya bayar sendiri maksudnya gk dari pemerintah lagi. kemungkinan sih sama saja kaya sebelum2nya yakni 150-200 ribu untuk biaya sbnmptn-nya

  • asalamualaikum min,,
    wakh min bukannya batas umur ikut SNMPT itu lewat 20 tahun,,
    jadi kalo saya lulusan 2010 tapi belum 20 tetep ga bisa ikutan dong

    • tapi ada batas syarat lain kan yakni max 2 x snmptn. ini dimaksudkan memberikan peluang lebih kepada anak2 yang baru lulus

  • kk, kalu misal yang lulus tahun 2012, trus masih lum kuliah, mw lewat jalur snmptn atau sbmptn bisa gak?

    • bisa dek, kamu bisa ikut sbnmptn..

  • admin, mau tanya. berarti gak ada lagi yah jalur reguler kalau udah masuk smbptn nya?
    kan katanya cuma ada dua jalur snmptn yang dari sekolah dan smbptn.

    • ada, tergantung universitasnya. misal UI akan ada 3 jalur tes yakni snmptn, sbnmptn dan simak UI

  • assalamu’alaikum
    saya mau tanya nih,
    saya kan anak smk telekomunikasi mau ngelanjutin di teknik geologi, itu yg dipelajari apa aja?
    terimah kasih :)

    • geologi mempelajari batuan dan strukturnya. kenapa? soalnya geologi kerjaannya eksplorasi(mnencari) lahan tambang baru dan mencari tahu juga mineral apa aja yang ada didalam tanah tersebut

  • admin ,saya lulusan 2011 ,saya mau ikut sbmptn ,tpi gag punya biaya kuliah,, masih ada gag kesempatan untuk dapat bidik misi,apakah harus meminta surat rekomendasi jga
    dari sekolah

  • assalamualaikum
    kak admin, mau nanya nih.
    klau misalkan kita lulus snmptn di suatu fakultas, boleh tidak menolak snmptn dan ambil mandirinya.
    trus, dampaknya apa?
    thanks before

    • kalau maksud kamu menolak snmptn dan mencoba jalur mandiri di universitas tempat kamu keterima dan kamu tolak, itu beda-beda dampaknya. tergantung masing-masing universitas. ada yang membolehkan kamu tolak dan ambil jalur mandiri tapi ada juga yang tidak akan menerima kamu lewat jalur mandiri (meskipun tes kamu lulus) karena kamu sudah menolak universitas tersebut (lewat snmptn)

  • min, kalo misalkan undangan kita keterima trus gak diambil, malah kita ikut sbmptn malah gak keterima, berarti satu2nya jalur terakhir mandiri doang yaa?

    • iya benar sekali

  • min mw tanya ..????
    aku kan lu2s SNMPTN tertulis 2011>>..tp aku milih nggur dlu ,,
    Lw mw ngikut SBMPTN 2013 bsa gx ya …

  • masih bisa, SBMPTN 2013 terbuka untuk alumni namun tahun ini merupakan kesempatan terakhir karena yang diterima untuk alumni hanya 2 tahun diatasnya yakni 2011 dan 2012

Leave a comment

name*

e-mail*

web

*TIDAK ADA balasan lewat e-mail

--=o0(( Admin Board ))0o=--



--=-=o0(( FYI ))0o=-=--

Web ini diakses kali