Blog » Penerimaan Mahasiswa » Penerimaan Mahasiswa Baru

Penerimaan Mahasiswa Baru

637 Comments  //              

Penerimaan mahasiswaPerguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu yang mungkin sangat dicari beberapa kalangan saat ini, khususnya para pemuda yang telah atau akan menyelesaikan pendidikan tingkat atasnya. Tak salah apabila dalam seleksi penerimaan Mahasiswa Baru untuk setiap PTN di Indonesia berjalan cukup ketat terutama dalam perhelatan akbar SNMPTN setiap tahunnya. Pasalnya, banyak kalangan menganggap bahwa ketika seseorang menuntut ilmu di suatu Perguruan Tinggi milik pemerintah, maka prospek kerja kedepannya sedikit lebih mudah. Oleh karena itu, untuk masuk ke dalam dunia kampus yang notabene-nya adalah instansi nagara bukanlah suatu hal mudah. Apalagi bagi para peserta SNMPTN yang kabarnya mencapai 500ribu peserta tiap tahunnya.

Disini, admin PTN-Online akan sedikit membahas jalur apa saja yang mungkin bisa teman2 ikuti dalam rangka menuju PTN impian teman2 sekalian. Berikut beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru PTN ternama di Indonesia (th. 2011):

1. Institut Teknologi Bandung (ITB) ; Jalur SNMPTN saja

2. Universitas Indonesia (UI) ; SNMPTN, SIMAK UI

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ; SNMPTN, Seleksi masuk ITS (SMITS)

4. Universitas Gadjah Mada (UGM) ; jalur SNMPTN saja

5. Universitas Padjajaran ; SNMPTN, Seleksi masuk UNPAD (SMUP)

Untuk seleksi masuk UNPAD dan ITS (SMITS dan SMUP) biaya-nya sedikit di atas rata-rata karena jalur ini termasuk jalur mandiri. Lain halnya dengan jalur SIMAK UI yang merupakan seleksi mahasiswa baru dari jalur reguler sehingga harga uang pangkal dan uang semester-nya tidak berbeda dengan teman-teman yang lolos dari jalur SNMPTN. Berdasarkan pengalaman, untuk jalur selain SNMPTN yang diadakan 3 universitas besar di atas kemungkinan lolosnya lebih besar dari jalur tulis SNMPTN. Namun, tetap saja usahakan rencana teman2 lolos pada jalur SNMPTN yang merupakan jalur seleksi PTN yang akan diadakan pertama kali sebelum ujian-ujian mandi dilaksanakan. Selamat memilih jalur alternatif yang akan teman ikuti nantinya…

637 Comments

  • kapan cieh pengumuman snmptn jalur undangan ??????
    mohon dibls ya !!!!!!!

  • Bagaimana dengan UNRI dan UIN pekanbaru min

  • admin saya lulusan 2011, saya mau tanya saya mau ikut SNMPTN 2012 di Bandung, tapi KTP saya beralamat di Medan. saya mau ujian tertulis di Bandung. apakah di ujian tertulis nanti di Bandung min?

  • Apakah mungkin di terima di jalur SMUP dan SIMAK UI secara bersamaan?. Apakah ada satu kesamaan database antara SMUP dan SIMAK UI, seperti halnya SNMPTN dengan SMUP. Sehinga bila satu lolos akan mengakibatkan guguryang satunya, Terima kasih.

  • ass. min, kpan ya info smup unpad. kira kira daya tampung smup unpad jrusan psikologi brp? thanks :)

  • min, kalo ngmbl jurusan psikologi prospek ke depan kerjanya bs apa aja ? mohon djwab :)

  • min mau tannya ,maksudny tes di wilayah I sama wilayah II dmna sih mih ? muhon balasannya

  • maaf,admin mau tanya
    apakah fakultas seni rupa mengambil ipa, ips atau ipc ?
    terima kasih~ :3

  • Min saya lulusan tahun 2011, Sekarang saya kuliah di teknik informatika USU.
    Dan rencananya saya mau ikut SNMPTN lagi min, saya mau pilih FITB, TEKNIK GEOLOGI UGM, dan EKONOMI UNPAD atau Filsafat UGM.
    Pertama, yang ingin saya tanyakan adalah saya ingin tahu peluang kelulusan di tiga prodi
    tersebut?
    Kedua. yang ingin saya tanyakan apakah prospek filsafat kedepannya dan kemana kerjanya?

  • ka admin saya mau tanya , saya ikut jalur undgn dan jurusan yg saya pilih
    UI –> Ilmu adm negara dan manajemen
    dan UNJ –> manajem dan matematika
    saya dari smk jurusan adm.perkantoran
    kira” saya bisa masuk ke salah satu yg saya pilih gak ??

  • saya kan dari lulusan SMK,,klu mau ikutan ujian tulis kan materinya kebanyakan IPA jadinya beda ,,gmn donk

  • admin… mau tnya dong..

    sekolah sy di blacklist untuk jalur undangan,
    bagaimana pendaftaran SNMPTNnya, krn sebelumnya sayta tdk punya pin seperti yang dipunya peserta jalur undangan.. thx

  • admin saya minta tolong,,
    Mengapa gambar saya tidak muncul di kartu pendaftaran SNMPTN Tulis??
    Dan bagaimana cara saya agar bisa mengupload foto saya kembali,
    Dan apakah tidah bermasalah nanti saat test??

    • jelas bermasalah. sebaiknya anda lakukan pendafataran secara online lagi apabila tidak memungkinakan mencetak kartu snmptn nanti.

  • maaf saya mau tanya, waktu pendaftaran snmptn tulis saya salah memasukkan nama orang tua , disana nya tertulis “Nama ayah/wali harus sesuai ijazah”, sedangkan nama yang saya masukkan takut tidak sesuai dengan ijazah. apakah saya bisa mengikuti ujian tulis nanti?

  • admin, mau tanya. aku kan ikut snmptn undangan, lha untuk jaga2 aku daftar snmptn tulis sebelum pengumuman undangan. gimana ? apa berdampak buruk pada data ku sebelumnya ato tidak ada kaitannya antara snmptn undangan sama tulis. takutnya kan nanti data undangan ku keblokir ketika aku sudah log in snmptn tulis. terima kasih :D

  • Min saya mau tanya:
    Saya sekarang kuliah di teknik informatika USU. Rencananya mau ikut SNMPTN lagi min.
    pilihan saya
    1. FITB
    2. TEKNIK GEODESI UGM, TEKNIK GEOLOGI UGM ATAU UNPAD
    3. FILSAFAT UGM ATAU ILMU EKONOMI UNPAD
    Saya masih bingung di pil 2 dan 3. Mohon pencerahannya min?
    Udah tu kalau jurusan bisnis yang bagus dimana ya min?

  • saya mau tanya untuk kartu peserta snmptn tulis di perkirkan ukurannya berapa ke berapa ya? apakah perlu di laminating?

  • Bagaimana peluang saya untuk dapat diterima di sastra inggris UGM (secara kalkulasi prosentase) lewat jalur snmptn undangan apabila :
    - Peringkat semester 3 = 1, 4 = 3, 5 = 2 (parallel IPS)
    - Nilai rata-rata mapel bing saya dalam 3 semester tsb 94, dengan rata-rata mtk = 79
    - SMA saya merupakan SMA RSBI unggulan didaerahnya
    Trims.

  • admin saya ingin minta tolong, kartu ujan saya hilang. Bagaimana saya dapat mendapatkan kartu ujian saya lagi, saya masih ingat no identitas saya. thx

  • Min saya mau tanya saya kan siswa dari sekolah bukan RSBI. sya ngin sekali kul di ITS.ka”k kelas saya gak ada yg kul di ITS.apakah tu mempengaruhi? kmrin saya daftar SNMPTN undangan di ITS ambil Teknik Elektro. tpi Gak keterima. n sekrang daftar SNMPTN tulis n pilih ITS lgi. dg jalur SNMPTN tulis ni apakah sya msih punya peluang keterima diITS meski Tdak da ka”k kelas sya yang kul di ITS?
    Tolong balas min.
    ^_^
    Tuhan memberkati

  • ayo daftar SNMPTN tertulis Teknik Perkapalan ITS.. kalau mau tanya2 bisa ke nailwidyasatya@ymail.com.. suwun.. semangat!

  • min, kalo udah daftar snmptn ?
    ada pengisian SPMA gitu gak kaya UGM ?

    trus kalo udah ikut snmptn gak ikut SMUP gpp kan /
    makasih, mohon di bales min :)

    • tergantung univ yang dipilih. biasanya diurus setelh lolos, namun kalau itb, mengurus keringanan bisa dari sblm ujian snmptn-nya

  • min , mau tanya kalo di unpad ada SPMA kaya di ugm gak ?
    trus, klo udah ikt SNMPTN gak ikut SMUP boleh kan ?
    maksih, mohon di bales

  • Kalo masuk teknik geologi negri dari ips bisa masuk ga mas\mba tolong di bales yah. makasih

  • Mau nanya deh, rencana saya mau masuk unpad lewat snmptn jalur tertulis, nah yg saya mau tanyain, apa saya hrs ikut SMUP lagi? Apa tinggal nunggu hasil SNMPTN aja? Ditunggu jawabannya yaaaaa :) big thanks

  • admin saya minta penjelasan, saya mau daftar kuliah di ugm tapi snmptn saya sudah terlambat. nah saya mau ikut jalur mandiri, tapi saya lihat di internet ugm tidak ada lagi jalur mandiri.. gmna yaa?? saya minta informasinya donkk.. pleasee, lagi butuh bangett…

  • tgl pendaftaran trakhr kapn ea???
    bgi lah info nya??

    • sudah berakhir pendaftaarn untuk snmptn. yg ad hanya lah tinggal ujian mandiri sekarang

  • kalo untuk pembayaran simak ui, lewat bank apa saja? dan tata cara pembayarannya apakah sama dengan snmptn tertulis?

    • hampir sama, detailnya lebih baik llihat di web resminya saja, simak.ui.ac.id

  • ass.min aku mau nanya,,kalau simak ui itu kmungkinan besar msk atau tdk? tlong d balas trims

    • lebih besar kemungkinannya dibanding snmptn menurut admin pribadi

  • kak mau tanya uang pangkal hukum unpad lewat ujian snmptn tertulis berapaa ya?

  • mau tanya uang pangkal hukum unpad lewat ujian snmptn tertulis berapa ya?

  • mau tanya dong kalau diterima di jalur snmptn tulis kemudian diterima juga di misalkan simak ui lalu bagaimana? apa yang snmptn bisa digugurkan?

    lalu bagaimana kalau diterima di snmptn tulis lalu diterima di misalkan smup? apakah mungkin?

  • saya ingin bertanya bagaimana rumus perhitungan hasil SNMPTN TULIS, saya bingung sekali karena begitu banyak versi, mohon penjelasannya. terimakasih

  • min…saya lulus snmptn tulis d unand…masih bisa ga ya lulus d smup ?

  • min…saya lulus snmptn tulis d unand…tp saya pngen unpad…masih bisa lulus smup ga ?

  • admin mau tanya dong , agak susa daftar SMUP . koneksi sibuk muluk . itu gimana ya ?

  • mas jadwal terakhir bayar smup 2012 jatuh pada tanggal 26 juli sdangkan saya dijadwalkan pada tgl 19 juli..
    bgaimna jika saya registrasinya pda tgl 24 soal tanggal 24 saya nyampe di bandung..
    mhon dibalas yah mas?

  • mas jadwal terakhir bayar smup 2012 jatuh pada tanggal 26 juli sdangkan saya dijadwalkan pada tgl 19 juli..
    bgaimna jika saya registrasinya pda tgl 24 soal tanggal 24 saya nyampe di bandung..
    mhon dibalas yah mas?
    penting banget

  • mas, mbak min, kalo mau masuk teknik geodesi tapi dari ips bisa apa nggak? terus kira kira univ. mana yang peluang masuk geodesi tapi dari ips nya gede?. tolong jawab ya min

  • permisi min, saya mau nanya nih.. saya mau ambil akutansi UI melalui jalur undangan alias PMDK.. jd kira2 target nilai rapor saya brp min supaya saya bisa lulus? terima kasih min.. di tunggu balasannya :)

  • jurusan IPA jika masuk dalam surat undangan dapat memilih jurusan IPS ?

    • bisa, namun tergantung kebijakan sekolah masing masing juga…

  • Min mau minta info nii..
    .saya lulusan SMA kmren tahun 2012,rncna mau kuliah klo tdak di UNPAD ya UNDIP
    tapi apakah akhr” tahun ini masi ada penerimaan mahasiswi baru min ?
    atau harus menunggu awal tahun baru ?
    trma kasih sblm’a :)

  • kalo masuk di jurusan kebidanan pendaftaran untuk tahun ini tanggal berapa? persyaratan untuk pendaftaranya apa saja ? makasih :)

  • admin saya mau tanya, saya dari sekolah RSBI salah satu sma di daerah jurusan ipa, untuk ikut snmptn undangan jika memilih PTN ternama diatas, apakah saya harus mendapat rangking parallel 1 2 3?jika tidak bagaimana? trus bagaimana dengan rata2 nilainya, biasanya yang telah lolos minimalnya berapa? dan satu lagi, dalam snmptn undangan itu yang lebih berpengaruh nilainya atau sekolah asalnya? mohon dijawab yaa admin, trimakasih sebelumnya.

  • Assalamu’alaikum
    Min, jalur masuk IPB melalui apa saja ya? Syukron

  • kpan bisa daftar k unpad dan pa saja persyaratan’a

    • lewat snmptn 2013 atau sbmptn, atau jalur mandiri unpad(SMUP UNPAD) jika masih ada untuk tahun ini.

  • min saya mau tanya prediksi nya mimin,ada 1 org alumni dri skolah saya yg skrg kuliah di jurusan yg saya mau di UNPAD,jurusan itu termasuk favorit juga.sekolah saya swasta yg tdk begitu di kenal di bekasi ,dan nilai rapot saya pelajarannya ada yg naik turun naik,ada juga yg naik trus,rata2 semester 3 4 5, 8 koma ke atas,naik terus.kira2 peluang saya masuk ke univ itu gimana ya min?tolong jawab ya….

  • agak sulit jika bicara prediksi, namun, biasanya yang agak mudah lolos dalam snmptn undangan itu siswa dari sekolah RSBI. ada baiknya persiapan di snmptn tulis.

Leave a comment

name*

e-mail*

web

*TIDAK ADA balasan lewat e-mail

--=o0(( Admin Board ))0o=--



--=-=o0(( FYI ))0o=-=--

Web ini diakses kali